Senin, Februari 28, 2022

Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  Sesuai judul di atas kali ini saya akan menjelaskan tentang masalah "Berdoa sebelum kita berangkat untuk bepergian atau melakukan perjalanan / safar".

Jadi.. Penting kah berdoa sebelum bepergian ?? Jawabannya jelas Penting.

Logikanya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi atau apa yang akan kita hadapi.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk berdoa sebelum bepergian agar kita terhindar dari segala marabahaya.

Nah, sebenarnya ulasan di atas itu cuma sekedar Basa-Basi, kenapa saya bilang begitu? Karena anda sudah tahu hal tersebut, buat apa dijelaskan lagi ya kan.

Jadi maksud saya yang sebenarnya adalah mau berbagi kepada anda 3 (tiga) macam doa yang harus di baca sebelum bepergian.

Doanya pendek saja, tidak sampai setengah jam membacanya.

Apalagi kalau sudah hapal di dalam kepala, bukan di luar kepala, kalau di luar kepala berarti tidak hapal.

Dan saya juga akan berbagi sedikit cerita dan pengalaman terkait doa tersebut.

Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine


1. Doa yang pertama
سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَ . وَاِنَّآ إِلٰی رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine

Artinya : "Maha suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.
Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami".

[QS. AZ Zukhruf : 13-14]

Fungsi doa di atas adalah untuk menjaga keselamatan kita, mulai dari berangkat hingga sampai ke tempat tujuan.

Doa ini di baca saat kita naik kendaraan dan akan berangkat.

Doa ini terbukti ampuh dengan pengalaman dari saya sendiri.

Saya sudah beberapa kali mengalami kecelakaan waktu naik motor, dan syukurnya paling parah cuma menderita luka kecil atau bahkan hanya sedikit goresan.

Padahal saya naik motor, resiko terluka parah saat terjadi kecelakaan itu sangat tinggi dibandingkan dengan orang yang naik mobil.

Senggol dikit bacok. Eh maksudnya kalau naik motor itu tersenggol sedikit saja udah nyawa taruhannya.

Beda dengan naik mobil. Bahaya hanya akan ada jika kecelakaannya sangat parah.

Semoga rezeki saya mudah dan banyak biar bisa beli mobil amiinn.. wkwkwk

Kecelakaan nya bermacam-macam sebab, ada yang mobil tidak hati-hati asal menyeberang di depan saya.

Otomatis saya langsung menginjak rem, karena waktu itu laju motor dalam kecepatan tinggi. ya apalah daya roda belakang kan cuma satu, bisa apa.

Ada yang taksi ngebut nabrak saya dari belakang, terus motor saya nyangkut di bawah mobil, keadaan saya sendiri bagaimana? Ya luka gores pun tidak ada.

Itulah kira-kira fungsi doa tersebut, walaupun mengalami kecelakaan insya Allah kita akan selamat.

Apalah artinya beberapa detik waktu anda untuk membaca doa, kalau yang dipertaruhkan adalah nyawa seumur hidup.

 Ada satu lagi cerita dari guru saya. Beliau menceritakan tentang sang ayah yang juga naik motor.

Motornya itu motor jadul, lupa saya merk motornya apa. Peristiwa kecelakaan nya juga kurang jelas bagaimana.

Tapi yang saya rada ingat mesin motornya itu pecah atau lepas (kurang yakin dikarenakan ceritanya sudah lama sekali).

Bisa di bayangkan ya bagaimana parahnya kecelakaan tersebut, sampai-sampai mesinnya pecah atau lepas.

Nah terus bagaimana kondisi ayah guru saya tersebut ?

Kondisi beliau sehat walafiat, tanpa luka gores sedikit pun, ya.. memar pun tidak.

Jadi dengan pengalaman saya sendiri, saya bisa yakin bahwa doa tersebut telah teruji. 

Sisanya ya kembali kepada diri masing-masing seberapa besar keyakinan yang ada.

Keyakinan itulah yang menjadi penentu, karena Allah Swt menurut prasangka hamba.

Jadi perbaikilah semua prasangka kita agar hasilnya juga baik.


2. Doa yang kedua
وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيْهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُوْنَ
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine

Artinya : "Dan kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat". 

[QS. Yaasin : 9]


Ini ada 2 versi, dibaca langsung ayat tersebut di atas atau dibaca dari awal Surat
 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ يٰسۤ وَالْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَ عَلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ تَنْزِيْلَ الْعَزِيْزِ الرَّحِيْمِ لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَّاۤ أُنْذِرَ اٰبَاۤؤُهُمْ فَهُمْ غَافِلُوْنَ لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلٰٓ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ إِنَّا جَعَلْنَا فِيْٓ أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُمْ مُّقْمَحُوْنَ وَجَعَلْنَا مِن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine

Fungsi doa ini sedikit unik, sampai sekarang saya masih menganggap doa ini Wow.

Doa ini bisa dibaca waktu akan berangkat atau waktu diperlukan (Misalkan dalam keadaan terjepit).

Karena salah satu fungsinya adalah menjadi manusia kasat mata (Invisible man), ya kurang lebih istilahnya seperti itu.

Seingat saya ini adalah doa Baginda Rasulullah saw sewaktu beliau keluar diam-diam dari kota Mekkah untuk Hijrah menuju kota Madinah.

Lebih tepatnya pada malam kejadian itu, rumah tempat Beliau berada sudah dikepung oleh Kafir Quraisy.

Dan Beliau berhasil lolos dengan mudahnya.

Dengan kata lain tidak ada salahnya kita mengikuti Beliau menggunakan Doa ini.

Saya dulu pernah ya ketemu razia polisi. Karena malas berurusan dengan razia jadinya saya baca doa ini.

Ternyata saya di cuekin, tidak ikut di-stop polisi, padahal pengemudi yang lain di suruh menepi ke pinggir jalan. 

Benar-benar amazing hahaha. Yah asal jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif saja.

Bisa untuk para pemudik agar lancar tanpa hambatan.

Bisa untuk para supir mobil-mobil angkutan besar, seperti truk, fuso, kontainer, dan lainnya.

Agar selamat dan terhindar dari begal atau perampokan.

Baca doa.... wushhhh langsung hilang.

Begal said : Loh, kok ilang ?

Yah kira-kira seperti itu perumpamaannya.


3. Doa yang ketiga
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَی اللهِ ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّۃَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 
Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine

Artinya : "Dengan nama Allah (aku keluar), aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah SWT yang Maha tinggi, lagi Maha agung."

Dibaca ketika keluar dari rumah atau boleh juga dibaca kapan saja, tergantung keperluan kita.

Misalkan ingin membangun usaha, cukup diganti kata-katanya sedikit yang "(aku keluar)" menjadi seperti ini "(aku membangun usaha)".

Yah intinya cukup diganti niatnya sesuai dengan keperluan anda, kira-kira bisa dimengerti ya.

Doa yang ini adalah doa secara global, artinya fungsinya menyeluruh.

Karena yang namanya tawakal itu adalah kepasrahan secara total kepada Sang Pencipta.

Namanya juga pasrah, apapun yang terjadi ya terserah kepada Pemilik Takdir.

Maka dari itu, doa ini adalah doa perlindungan secara total terhadap kita hamba dari marabahaya apapun.

Seperti kata-kata Banjar ( yang saya karang sendiri ) :

Biar Mandau menggantal gulu mun kada sampai wayahnya kada bakal mati.

Artinya : Walaupun Mandau (senjata tajam sejenis pedang) menyayat leher kalau belum sampai takdirnya tidak akan mati.

Semoga dengan membaca doa-doa tersebut kita selalu diberi perlindungan dimana saja kita berada, Amiin.

Kira-kira itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, silahkan di share dan berikan komentar nya.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 Penting kah berdoa sebelum bepergian ?

0 Komentar Untuk "Penting kah berdoa sebelum bepergian ? | Ailine"